5 Perbedaan Bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai

Banyak orang yang mengira bahwa bunga Rafflesia dan bunga Bangkai adalah tumbuhan yang sama. Hal ini disebabkan kedua bunga ini sama-sama mengeluarkan bau busuk seperti bau bangkai. Namun demikian, sebenarnya, bunga Rafflesia dan bunga Bangkai sangatlah berbeda. Di artikel ini CintaSains mencoba memaparkan 5 perbedaan bunga Rafflesia dan bunga Bangkai. Selamat membaca.

Berikut adalah 5 perbedaan bunga Rafflesia dan bunga Bangkai :

1. Bunga Rafflesia merupakan tumbuhan parasit yang mengambil nutrisi atau zat makanan dari tumbuhan inangnya, sedangkan bunga Bangkai hidup dengan memproduksi makanannya sendiri yang ia simpan dalam bentuk umbi.

2. Bunga Rafflesia tidak memiliki batang dan daun. Hal inilah yang menyebabkan bunga Rafflesia tidak bisa memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. Sedangkan bunga Bangkai memiliki akar, batang dan daun, sehingga ia bisa memproduksi makanan sendiri dan menyimpan cadangan makanannya dalam bentuk  umbi.

3. Bunga Rafflesia memiliki warna dominan merah, sedangkan bunga Bangkai memiliki warna dominan krem dengan mahkota berwarna merah ke-ungu-an.


4. Lebar atau diameter bunga Rafflesia saat mekar mencapai 100 cm dengan tinggi mencapai 50 cm. Sedangkan bunga Bangkai memiliki lebar atau diameter mencapai 150 cm dengan tinggi mencapai 400 hingga 600 cm.

5. Bunga Rafflesia berasal dari family Euphorbiaceae, sedangkan bunga Bangkai berasal dari family Araceae.


Demikian artikel tentang 5 perbedaan bunga Rafflesia dan bunga Bangkai. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: