Sering Mengupil Dapat Membuktikan Bahwa Hidung Kita Sehat

Adakah diantara sahabat Cinta Sains yang suka mengupil?. Mengupil dipandang sebagai sebuah kebiasaan jorok, namun sebenarnya adanya upil atau kotoran hidung dapat membuktikan bahwa organ hidung kita sehat dan masih bekerja dengan baik.

Upil terbentuk dari cairan (lendir) hidung yang mengeras saat ia menahan debu dan kotoran  yang masuk ke dalam hidung. Cairan ini diproduksi oleh selaput lendir pada hidung yang berguna untuk melapisi rongga hidung. Dengan adanya cairan ini, maka semua debu dan pantogen (virus, bakteri dan mikroorganisme) pada udara yang masuk ke dalam hidung ditahan agar tidak terhirup ke dalam paru-paru.

Karena sifatnya yang lengket, debu dan pantogen yang dapat ditahan lalu menempel dan mengeras di dalam hidung yang disebut upil. Terkadang upil mengeras bersama dengan rambut atau bulu hidung (Silia) yang secara bersamaan menyaring udara yang dihirup, akibatnya upil susah untuk dikeluarkan. Saat itulah kita sering mengupil untuk megeluarkannya.


Cara terbaik untuk mengeluarkan upil adalah dengan menghembusnya melalui hidung, namun jika upil susah dikeluarkan dan kita terpaksa menggunakan jari untuk mengupil (mengeluarkan upil), maka pastikan bahwa jari tangan kita bersih dari debu dan kotoran. Cucilah tangan kita dengan sabun anti bakteri terlebih dahulu sebelum dan setelah mengupil.

Oya, satu lagi, jangan mengupil di sembarang tempat ya, apalagi waktu di kelas atau di depan teman kita :)

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Ini Alasan Kenapa Anjing Selalu Mengejar Orang yang Berlari di Depannya

Demikian artikel tentang sering mengupil dapat membuktikan bahwa hidung kita sehat. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: