Ini Alasan Kenapa Anjing Selalu Mengejar Orang yang Berlari di Depannya

Anjing sudah sangat lama menjadi sahabat manusia, ia mampu bersosialiasasi layaknya manusia. Karena itulah banyak orang yang memelihara anjing, baik untuk dijadikan sebagai hewan kesayangan maupun untuk dijadikan sebagai penjaga rumah atau peternakan.

Anjing sebenarnya merupakan hewan domestikasi dari srigala. Itulah sebabnya ia tetap memiliki naluri sebagai hewan buas yang secara alami memiliki jiwa berburu dan mempertahankan wilayahnya. Saat ada orang atau kendaraan tak dikenal yang melintas di depannya, maka secara otomatis ia akan menggonggong dan bahkan mengejar. 


Naluri untuk mengejar dan menangkap buruan pada hewan disebut sebagai Prey Drive, yang telah lama menjadi materi utama dalam pelatihan anjing selama berabad-abad. Bukan hanya binatang kecil seperti kucing yang dikejar, seringkali objek apapun di sekitarnya akan dapat memicu bangkitnya naluri berburu pada anjing, itu sebabnya saat anjing melihat ada orang yang berlari, maka anjing akan segera mengejarnya karena dianggap sebagai objek buruan.

Anjing juga dapat menangkap kepanikan buruannya, sebab itu kita tak boleh lari atau panik saat ada anjing yang menggonggongi kita. Selain itu jangan tatap mata anjing. Menatap matanya dapat diartikan bahwa kita memang menantangnya, ingat bahwa ia memiliki naluri untuk mengusir siapapun yang tak dikenalnya dari wilayahnya.

Sahabat Cinta Sains juga bisa membaca artikel : Hyena dan Cara Hyena Berkembang Biak

Demikian artikel tentang ini alasan kenapa anjing selalu mengejar orang yang berlari di depannya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: