Pengertian gaya dan macam-macam gaya secara garis besar | Cinta sains

Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yang menyebabkan benda dapat bergerak atau berpindah tempat.
Secara garis besar gaya dibagi menjadi 5 antara lain; gaya tarik, gaya dorong (tekan), gaya berat, gaya gravitasi dan gaya gesekan.

Berikut ini rangkuman penjelasan mengenai 5 gaya tersebut;

1. GAYA TARIK
Gaya tarik yaitu gaya yang berasal dari tarikan suatu benda, manusia dan hewan. Gaya tarik berasal dari arah depan gerakan benda.

2. GAYA DORONG
Gaya dorong adalah, gaya yang berasal dari dorongan suatu benda, manusia dan hewan. Arah gaya berasal dari belakang arah benda bergerak.

3. GAYA BERAT
Gaya berat adalah, gaya yang ditimbulkan dari berat suatu benda. Gaya ini arahnya dari atas ke bawah dan dipengaruhi oleh gravitasi bumi.

Pengertian berat dan massa.

  • Berat adalah massa yang dipengaruhi oleh percepatan gravitasi. Satuan berat adalah Newton. Berat suatu benda di bulan dan di bumi berbeda. Perbandingan gravitasi bumi dan bulan adalah 6 : 1.
  • Massa tidak dipengaruhi oleh gaya gravitasi, sehingga massa suatu benda di mana-mana adalah sama. Satuan massa adalah gram - kilogram.


4. GAYA GRAVITASI
Gaya gravitasi adalah gaya yang berasal dari gaya tarik bumi. Gaya ini arahnya dari atas ke bawah. Gaya gravitasi dimiliki oleh bumi, bulan, matahari dan benda-benda langit lainnya.

5. GAYA GESEKAN
Gaya gesekan adalah gaya yang dihasilkan dari benda-benda yang bergesekan. Gaya ini berasal dari segala arah dan menuju ke segala arah. Terkadang gaya gesekan hanya bersifat menahan.

Demikian rangkuman singkat mengenai pengertian gaya dan macam-macam gaya secara garis besar, semiga bermanfaat bagi sahabat cinta sains.

Subscribe to receive free email updates: