Pengertian jaringan, jaringan hewan, jaringan tumbuhan |cinta sains

A. Pengertian jaringan
Jaringan adalah sekumpulan sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama. Pada mahkluk hidup yang terdapat banyak sel, ada sekumpulan sel mempunyai tugas tertentu. Sehingga dalam mahkluk hidup yang bersel banyak,  terdapat sekumpulan sel yang  secara terkoordinasi melakukan tugas tertentu.

1. Jaringan hewan
Pada jaringan hewan kita kita dapat menemukan 4 jaringan yaitu jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan saraf dan jaringan otot.

a. Jaringan epitel
Jaringan epitel Merupakan sekumpulan sel yang sangat rapat. Jaringan epitel melindungi bagian organ-organ yang ada dibawahnya.  Contoh jaringan epitel adalah epidermis bagian terluar dari kulit.

b. Jaringan ikat
Sel-sel pada jaringan ikat berjauhan antara satu dengan yang lain, diantara sel-sel jaringan ikat terdapat matriks (cairan dan serat) yang dihasilkan oleh sel jaringan ikat. Jaringan ikat berfungsi mengikat dan menunjang antara jaringan satu dengan jaringan yang lain.
Contoh jaringan ikat adalah  jaringan darah, jaringan lemak, jaringan tulang dan jaringan kolagen.

c. Jaringan otot
Jaringan otot adalah jaringan yang tersusun oleh sel-sel yang dapat berkontraksi (memendek). Fungsi jaringan otot adalah untuk berkontraksi. Gerakan di tubuh kita dapat terjadi karena adanya kontraksi (memanjang dan memendek) pada otot kita. Contoh jaringan otot adalah otot yang melekat pada jantung (otot lurik) otot jantung dan otot pembentuk usus (otot polos).

d. Jaringan saraf
Jaringan saraf tersusun oleh sel-sel saraf. Fungsi dari jaringan saraf adalah menghantarkan rangsangan dan beberapa fungsi yang lainnya, misalnya berfikir dan menggerakkan otot.
Contoh jaringan saraf adalah jaringan saraf otak dan susmsum tulang belakang.
Jaringan saraf tersusun oleh beberapa sel-sel saraf yang terdiri dari badan sel saraf, dendrit dan akson.
Berikut ini ada gambar sel saraf dan penyusun sel saraf.



2. Jaringan tumbuhan
Pada tumbuhan terdapat 6 macam jaringan yang dapat ditemukan, diantaranya jaringan epidermis, jaringan parenkim, jaringan kolenkim, jaringan sklerenkim, jaringan xilem dan jaringan floem.

a. Jaringan epidermis
Adalah jaringan yang tersusun oleh sel-sel yang sangat rapat. jaringan epidermis terletak pada bagian terluar tumbuhan. Jaringan epidermis berfungsi melindungi jaringan yang lain yang ada di bawahnya, selain iti jaringan epidermis berfungsi menjaga agar tumbuhan tidak kehilangan banyak air.

b. Jaringan parenkim
Merupakan jaringan yang paling banyak pada tumbuhan. Sel-sel penyusun pada parenkim tidak tersepesialisasi. Oleh karena itu sel-sel pada jaringan parenkim dapat beeubah menjadi jaringan yang lain. Sel jaringan parenkim juga bersufat lentur hal ini dikarenakan dinding sel nya tipis.

c. Jaringan kolenkim
SelseSe jaringan kolenkim dinding sel nya mengalami penebalan, fungsi utama jaringan kolenkim adalah, menyokok bagian tumbuhan yang masih tumbuh.

d. Jaringan sklerenkim
Sel-sel jaringan sklerenkim dindingnya mengalami penebalan dari zat kayu. Sebagian besar sel penyusun jaringan sklerenkim merupakan sel-sel yang telah mati.

e. Jaringan xilem
Jaringan xilem merupakan salah satu jaringan  pada tumbuhan yang berfungsi sebagai pengangkutan. Jaringan xilem berbentuk memanjang dan berdinding tebal. Jaringan xilem tersusun oleh sel-sel yang telah mati. Jaringan xilem berfungsi mengangkut air dari akar.

f. Jaringan floem
Jaringan floem berbentuk memanjang dan berdinding tebal. Tersusun oleh sel-sel yang masih hidup. Berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai jaringan yang terdapat pada hewan dan tumbuhan, semoga bermanfaat bagi sahabat cinta sains.

Baca juga

Subscribe to receive free email updates: