Pengertian Bioteknologi | cinta sains

Bioteknologi merupakan salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang pemanfaatan mikroorganisme untuk mendapatkan suatu produk berupa barang atau jasa yang berguna bagi kesejahteraan manusia.

Perkembangan ilmu bioteknologi didukung oleh perkembangan ilmu yang lain, seperti mikrobiologi, ginetika, fisika, kimia, biokimia, fisiologi dan lain-lain. Bioteknologi merupakan terobosan besar bagi kesejahteraan manusia dengan berbagai terobosan terbaru nya.

Bioteknologi telah lama digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk memproduksi bahan makanan seperti tempe, tape, toak, anggur sari buah, dan brem. Dalam hal ini mikroorganisme sangat berperan aktif dalam proses bioteknologi.

Bioteknologi terus berkembang, dari bioteknologi sederhana/konvensional menjadi bioteknologi modern. Perbedaan antara bioteknologi sederhana dan bioteknologi modern terletak pada prinsip ilmiah yang digunakan.  Bioteknologi sederhana / konvensional masih menggunakan prinsip-prinsip sederhana, sedangkan bioteknologi modern telah menggunakan prinsip-prinsip ginetika dan biologi molekuler.
Jadi bioteknologi sederhana belum menggunakan rekayasa ginetika sedangkan bioteknologi modern telah menggunakan rekayasa genetika.

Demikian informasi mengenai bioteknologi, semoga bermanfaat bagi sahabat cinta sains.

Subscribe to receive free email updates: