Definisi Simbiosis Mutualisme, Parasitisme dan Komensalisme Beserta Contohnya

Simbiosis berasal dari 2 kata dalam bahasa Yunani, yaitu “Sym” yang berarti “dengan” dan “Biosis” yang berarti “kehidupan”. Simbiosis bisa didefinisikan sebagai interaksi antara dua organisme atau makhluk hidup berlainan jenis yang hidup secara berdampingan. Makhluk hidup yang melakukan Simbiosis disebut Simbion.

Definisi Simbiosis Mutualisme, Parasitisme dan Komensalisme

Simbiosis Mutulisme
Hubungan antara 2 jenis makhluk hidup yang berbeda dengan saling menguntungkan. 
Contoh : Hubungan Simbiosis antara Ikan Badut (Clown Fish) dengan Anemon Laut. Anemon Laut akan melindungi ikan Badut dari predator dan ikan Badut akan menangkal ikan kupu-kupu (Butterfly Fish) yang suka memakan Anemon. Ikan Badut juga akan memakan invertebrata kecil yang melekat pada tentakel Anemon serta membantu membersihkan Anemon dari kotoran seperti pasir dan sebagainya. Di sisi lain kotoran dari ikan Badut memberikan nutrisi untuk Anemon.

Simbiosis Parasitisme
Hubungan antara 2 jenis makhluk hidup yang berbeda dimana yang satu mendapat keuntungan sedangkan yang lain dirugikan. 
Contoh : Jamur dan pohon Inangnya. Jamur tidak memiliki Klorofil atau zat hijau daun untuk melakukan fotosintesis, karenanya ia hidup sebagai Parasit dengan menempel pada pohon yang ditumpanginya. Ia mendapatkan air dan makanan dari pohon Inangnya yang dirugikan karena sebagian makanan dan air nya diambil oleh Jamur. Inang artinya tumbuhan yang dijadikan tempat hidup tumbuhan lain yang bersifat Parasit.

Sahabat CintaSains juga bisa membaca artikel : Tentang Jamur dan Cara Jamur Berkembangbiak

Simbiosis Komensalisme
Hubungan antara 2 makhluk hidup yang berbeda dimana yang satu mendapat keuntungan sedangkan yang lain tidak untung dan juga tidak dirugikan.
Contoh : Ikan Remora dan Ikan Hiu. Ikan Remora mempunyai semacam alat penghisap yang terdapat pada kepalanya sehingga dapat menempel pada tubuh ikan Hiu. Dengan menempel pada Ikan Hiu, ikan Remora dapat berlindung dari predator sekaligus mendapatkan sisa makanan dari Ikan Hiu. Ikan Hiu sendiri tidak dirugikan maupun diuntungkan oleh Ikan Remora.


Demikian artikel tentang definisi Simbiosis Mutualisme, Parasitisme dan Komensalisme beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: