Pembelajaran TVRI jawaban dan soal SD kelas 4 - 6 Rabu 22 juli 2020.
Pada pembelajaran hari hari Rabu tanggal 22 Juli 2020 para siswa SD kelas 4-6 akan mempelajari tentang makna Pancasila.
Setelah melihat tayangan di TVRI para siswa diharapkan dapat menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya.
kemudian menulis essay pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.
Berikut materi pertanyaan dan jawaban soal SD kelas 4 sampai 6 Rabu 22 Juli 2020.
Soal no 1
Tuliskan kelima sila dari Pancasila untuk setiap sila Tuliskan perilaku sehari-hari yang mencerminkan perwujudan sila tersebut.
Jawaban no. 1
Sila pertama ketuhanan yang maha esa.
Contoh perilaku
Rajin beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
menghormati teman yang berbeda agama dengan kita ketika sedang melaksanakan ibadah mereka.
Sila ke-2: Kemanusiaan yang adil dan beradab.
Contoh perilaku
Berteman kepada siapa saja tanpa membeda-bedakan.
Menghormati bapak dan ibu guru.
Sila ke-3: Persatuan Indonesia
Contoh perilaku
Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti di kampung.
Sila keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
Contoh perilaku bermusyawarah dalam menentukan ketua RT atau ketua kelas
Sila kelima : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Contoh perilaku menghormati hak orang lain dan tidak bergaya hidup mewah.
Soal no 2
Apakah perilaku yang ditunjukkan oleh Mila dalam film pendek tersebut sudah mencerminkan nilai-nilai Pancasila? jika ya Sebutkanlah sila keberapa dan tuliskan alasannya!
Jawab soal no 2
Perilaku yang ditunjukkan oleh Mila dalam film pendek tersebut telah mencerminkan nilai-nilai Pancasila yaitu sila ke-5.
Alasannya karena Mila suka memberi pertolongan kepada orang lain.
Soal no 3
Sebagai warga Indonesia Jelaskan apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjaga warisan budaya kita agar tak lekang ditelan zaman?
Jawaban soal no 3
Perlu diperhatikan kunci jawaban ini hanya sekedar pegangan untuk orang tuamu koreksi jawaban anak Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat cinta sains.
Pada pembelajaran hari hari Rabu tanggal 22 Juli 2020 para siswa SD kelas 4-6 akan mempelajari tentang makna Pancasila.
Setelah melihat tayangan di TVRI para siswa diharapkan dapat menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya.
kemudian menulis essay pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.
Berikut materi pertanyaan dan jawaban soal SD kelas 4 sampai 6 Rabu 22 Juli 2020.
Soal no 1
Tuliskan kelima sila dari Pancasila untuk setiap sila Tuliskan perilaku sehari-hari yang mencerminkan perwujudan sila tersebut.
Jawaban no. 1
Sila pertama ketuhanan yang maha esa.
Contoh perilaku
Rajin beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
menghormati teman yang berbeda agama dengan kita ketika sedang melaksanakan ibadah mereka.
Sila ke-2: Kemanusiaan yang adil dan beradab.
Contoh perilaku
Berteman kepada siapa saja tanpa membeda-bedakan.
Menghormati bapak dan ibu guru.
Sila ke-3: Persatuan Indonesia
Contoh perilaku
Ikut serta dalam kegiatan kerja bakti di kampung.
Sila keempat kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
Contoh perilaku bermusyawarah dalam menentukan ketua RT atau ketua kelas
Sila kelima : Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Contoh perilaku menghormati hak orang lain dan tidak bergaya hidup mewah.
Soal no 2
Apakah perilaku yang ditunjukkan oleh Mila dalam film pendek tersebut sudah mencerminkan nilai-nilai Pancasila? jika ya Sebutkanlah sila keberapa dan tuliskan alasannya!
Jawab soal no 2
Perilaku yang ditunjukkan oleh Mila dalam film pendek tersebut telah mencerminkan nilai-nilai Pancasila yaitu sila ke-5.
Alasannya karena Mila suka memberi pertolongan kepada orang lain.
Soal no 3
Sebagai warga Indonesia Jelaskan apa saja yang dapat kita lakukan untuk menjaga warisan budaya kita agar tak lekang ditelan zaman?
Jawaban soal no 3
- Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga warisan budaya yaitu
- mempelajari budaya tersebut meskipun hanya sekedar mengenal atau bisa juga dengan ikut mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari kita.
- Ikut berpartisipasi Apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudayaan.
- mengajarkan kebudayaan itu pada generasi yang lebih muda sehingga kebudayaan itu tidak musnah dan tetap dapat bertahan.
- Mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain.
- Memperkenalkan budaya Indonesia ke luar negeri.