Cara Tikus Berkembang Biak

Tikus merupakan binatang pengerat yang hidup di sekitar kita. Gigi depan Tikus tumbuh sekitar 3,5 sampai 4,5 inchi pertahun. Hal ini menyebabkan Tikus harus terus mengerat atau menggerogoti benda-benda di sekitarnya, agar gigi depannya terkikis. Bila tidak, gigi Tikus akan menembus dan melukai bibir dan mulutnya, jika itu terjadi, maka Tikus akan mati karena tidak bisa makan dan mengalami infeksi.

Keberadaan Tikus seringkali menjadi gangguan tersendiri, meskipun ia sebenarnya mempunyai peran penting dalam rantai makanan. Ia sering menjadi hama yang penyerang tanaman padi, ia juga terkenal sebagai pembawa berbagai jenis penyakit seperti Tipes dan lainnya.


Bagaimana cara Tikus berkembang biak?

Tikus adalah hewan Mamalia, artinya ia menyusui anaknya dan berkembang biak dengan cara melahirkan atau Vivipar. Tikus mulai melakukan reproduksi atau kembang biak pada usia 2 sampai dengan 3 bulan masa hidupnya.  Tikus betina mengalami masa kehamilan selama 19 sampai dengan 21 hari. 

Seekor Tikus betina bisa melahirkan 5 sampai dengan 10 ekor bayi Tikus setiap melahirkan,  Dalam setahun ia bisa melahirkan 5 sampai dengan 10 kali. Menariknya, Tikus juga akan kawin lagi setelah 48 jam pasca melahirkan. Dengan perbandingan ini, sepasang Tikus bisa menghasilkan keturunan sebanyak 10.000 hingga 15.000 ekor Tikus baru dalam setahun.


Sahabat CintaSains juga bisa membaca artikel : Cara Ubur-ubur Berkembang Biak di Lautan

Demikian artikel tentang cara Tikus berkembang biak. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: