Fungsi Garis Tangan pada Telapak Tangan Kita

Telapak tangan kita memiliki bentuk kulit yang berbeda dengan yang ada di punggung tangan. Bahkan kulit telapak tangan juga berbeda dengan semua jenis kulit pada bagian lain tubuh kita. Jika kulit pada telapak kaki berupa lapisan kulit yang tebal dan liat karena fungsinya lebih banyak digunakan untuk menapak, maka pada telapak tangan, kulit cenderung atau relatif tipis dan lentur.


Berbeda dengan kulit pada bagian tubuh lain yang beraneka warna diantara berbagai ras, kulit pada telapak tangan memiliki warna dan bentuk yang sama. Orang kulit hitam, orang kulit putih, kulit kuning dan kulit sawo matang, memiliki bentuk telapak tangan dan warna telapak tangan yang sama atau hampir sama. 

Hal lain yang unik pada telapak tangan adalah warna kulitnya yang tidak dapat berubah, misalnya karena pengaruh panas Matahari yang dapat menyebabkan kulit menjadi merah kehitaman seperti pada kulit bagian tubuh kita yang lain.

Telapak tangan kita juga memiliki garis-garis khas yang disebut sebagai garis tangan. Sebagian besar orang memiliki 3 garis tangan, yaitu 1 garis lurus di bagian paling atas, 1 garis di tengah dan 1 garis dengan arah melengkung ke bawah. 

Sementara itu, ada juga sebagian kecil orang yang hanya memiliki 1 garis tangan yang disebut sebagai garis tangan Simian. Garis tangan ini diperkirakan dimiliki oleh mereka yang lahir dengan masalah kesehatan atau kelainan fisik dan mental.

Apa fungsi garis tangan?

Ada yang menggunakan garis tangan untuk meramal nasib si pemilik tangan. Hal ini tentu saja hanyalah sebuah kepercayaan yang diyakini oleh beberapa orang. Sejatinya, menurut para ahli, garis tangan atau palmar crease berfungsi untuk membantu kulit telapak tangan menjadi lebih lentur atau elastis saat bergerak seperti meregang, mengepal, menggenggam dan lainnya.

Demikian artikel tentang fungsi garis tangan pada telapak tangan kita. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: